Cakrabuwana’s Weblog

Resume Linguistik Umum

Posted on: September 26, 2008

NAMA : HENI RETNOWATI
NIM :1402408141
KELAS : C

BAB 2. LINGUISTIK SEBAGAI ILMU

2.1 KEILMIAHAN LINGUISTIK
Pada dasarnya setiap ilmu termasuk ilmu linguistik, telah mengalami tiga tahap perkembangan yaitu:
a. Tahap spekulasi
Pada tahap ini pembicaraan mengenai sesuatu dan cara mengambil kesimpulan dengan spekulatif. Artinya kesimpulan dibuat tanpa didukung oleh bukti-bukti empiris dan dilaksanakan tanpa menggunakan prosedur-prosedur tertentu.
b. Tahap observasi & klasifikasi
Pada tahap ini para ahli di bidang bahasa mengumpulkan dan menggolong-golongkan segala fakta bahasa dengan teliti tanpa memberi teori/kesimpulan apapun.
c. Tahap adanya perumusan teori
Pada tahap ini setiap disiplin ilmu berusaha memahami masalah-masalah dasar dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai masalah-masalah itu berdasarkan data empiris yang dikumpulkan.
Dewasa ini, disiplin ilmu sudah mengalami ketiga tahapan diatas sehingga disiplin linguistik sudah bisa dikatakan merupakan kegiatan ilmiah.
Linguistik sangat mementingkan data empiris dalam melaksanakan penelitiannya, kegiatan empiris biasanya bekerja secara induktif dan deduktif.
Secara induktif, awalnya dikumpulkan data-data khusus lalu dari data-data tersebut ditarik kesimpulan. Sedangkan secara deduktif, suatu kesimpulan mengenai data khusus dilakukan berdasarkan kesimpulan umum yang telah ada.
2.2.SUBDISIPLIN LINGUISTIK
2.2.1 berdasarkan objek kajiannya, apakah bahasa pada umumnya atau bahasa tertentu.
linguistik umum adalah linguistik yang berusaha mengkaji kaidah-kaidah bahasa secara umum.
linguistik khusus berusaha mengkaji kaidah-kaidah bahasa yang berlaku pada bahasa tertentu.
2.2.2. berdasarkan objek kajiannya, apakah bahasa pada masa tertentu atau bahasa pada sepanjang masa.
linguistik sinkronik mengkaji bahasa pada masa yang tak terbatas sedangkan linguistik diakronik mengkaji bahasa pada masa yang tidak terbatas.
2.2.3 berdasarkan objek kajiannya, apakah struktur internal bahasa atau bahasa itu dalam hubungan dengan faktor di luar bahasa.
Linguistik mikro mengarahkan kajiannya pada struktur internal suatu bahasa tertentu, sedangkan linguistik makro menyelidiki bahasa dalam kaitannya dengan faktor-faktor di luar bahasa.
2.2.4 berdasarkan tujuannya.
Linguistik teoritis berusaha mengadakan penyelidikan terhadap bahasa atau juga terhadap hubungan bahasa dengan faktor-faktor yang berada di luar bahasa hanya untuk menemukan kaidah-kaidah yang berlaku dalam objek kajian itu.
Linguistik terapan berusaha mengadakan penyelidikan terhadap bahasa atau hubungan bahasa dengan faktor di luar bahasa untuk kepentingan memecahkan masalah-masalah praktis yanag ada di adalam masyarakat.
2.2.5 berdasarkan aliran/ teori yang digunakan untuk menganalisis objeknya.
Bidang sejarah linguistik ini berusaha menyelidiki perkembangan seluk beluk ilmu linguistik itu sendiri dari masa ke masa karena luasnya cabang linguistik ini maka jelas tak akan yang bisa menguasai semua cabang linguistik itu, tetapi inti dari ilmu linguistik itu hanyalah yang berkenaan dengan struktur internal bahasa atau cabang-cabang yang termasuk kelompok linguistik mikro.
2.3. ANALISIS LINGUISTIK
2.3.1 Struktur, Sistem dan Distribusi
Struktur adalah susunan bagian-bagian kalimat atau konstituen kalimat secara linier.
Sistem adalah bagian-bagian kalimat tertentu dengan kalimat lainnya.
Distribusi adalah menyangkut masalah dapat tidaknya penggantian suatu konstituen tertentu dalam kalimat tertentu dengan konstituen lainnya.
2.3.2 Analisis Bawahan Langsung
Analisis bawahan langsung adalah suatu teknik dalam menganalisis unsur-unsur atau konstituen-konstituen yang membangun satuan bahasa, entah satuan kata, frase, klausa atau kalimat.
2.3.3 Analisis Rangkaian Unsur & Analisis Proses Unsur
Analisis rangkaian unsur mengajarkan bahwa setiap satuan bahasa dibentuk atau ditata dari unsur-unsur lain sedangkan analisis proses unsur menggangap setiap satuan bahasa adalah merupakan hasil dari suatu proses pembentukan.
2.4 MANFAAT LINGUISTIK
Linguistik akan memberi manfaat langsung kepada mereka yang berkecimpung dalam kegiatan yang berhubungan dengan bahasa, seperti linguis itu sendiri, pengetahuan yang luas mengenai linguistik tentu akan sangat membantu dalam menyelesaikan dan melaksanakan tugasnya. Bagi guru terutama guru bahasa Indonesia pengetahuan linguistik sangat penting mulai dari subdisiplin fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, leksikologi sampai dengan pengetahuan mengenai hubungan bahasa dengan kemasyarakatan dan kebudayaan.
Bagi penyusun kamus, linguistik mutlak diperlukan sebab untuk bisa menyusun kamus dia harus mulai dengan menentukan fonem-fonem bahasa yang akan dirumuskannya, menentukan ejaan atau fonem-fonem tersebut, struktur kalimat, makna leksikal, makna gramatikal, makna konstektual dan makana idiomatikal serta latar belakang sosial bahasa tersebut.
Bagi negarawan dan politikus yang harus memperjuangkan ideologi dan konsep-konsep kenegaraan atau pemerintah, secara lisan dia harus menguasai bahasa dengan baik selain itu, jika politikus menguasai masalah linguistik dengan baik khususnya dalam kaitannya dengan kemasyarakatan, maka tentu dia kan dapat meredam dan menyelesaikan gejolak sosial yang terjadi dalam masyarakat akibat perbedaan dan pertentangan bahasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • cakrabuwana: Dari : Dita Priska P.S (1402408072) Untuk : Mita Yuni H (1402408331) menurut saya resume yang anda buat cukup bagus dan lengkap. semua sub bab dij
  • cakrabuwana: Dari : Ruwaida Hikmah (1402408236) Buat : Titis Aizah (1402408143) Menurut saya resume yang anda buat sudah cukup bagus dan sistematis. Setiap sub
  • cakrabuwana: cakra data yg km upload da yg slh(namanya keliru) di data upload tlsnnya 'linguistik morfologi winda (seharusnya namanya LIHAYATI HASANAH) tlg di betu

Kategori

%d blogger menyukai ini: